Khasiat Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang

Khasiat Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang

Khasiat Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang,- Siapa sih yang tidak mengenal ikan patin? Di negara Indonesia ikan seperti ini merupakan salah satu ikan yang banyak digemari. Ikan patin banyak hidup di air tawar dan kadang disebut sebagai hewan noktural, karena ikan ini aktif di malam hari. Ikan patin ini memiliki kumis serta patil seperti ikan lele, namun ikan patin lebih banyak patilnya.

Untuk lebih jelas lagi, mari kita simak artikelnya dibawah ini :

Khasiat Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang

Baca Juga : Khasiat Genjer Untuk Pengapuran Tulang

Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang,- Ikan Patin (catfish) adalah sejenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan lele, atau sering dibilang, mirip dengan ikan lele. Namun ikan patin ini memiliki keunikan yaitu sifatnya yang omnivora, dalam artian pemakan segalanya.

Ikan ini bisa makan daging-dagingan, bisa pula sayura-sayuran. Ini menjadikan untuk budidaya ikan patin tidak sulit dan cukup murah. Namun habitat aslinya ikan patin ini adalah di sungai dan muara besar. Kebiasaan dari ikan patin ini ialah suka membuat lubang-lubang di tepi dinding sungai.

Dan ikan patin sangat aktif dimalam hari sebagaimana ikan lele. Ternyta Hampir dari keseluruhan dari ikan patin bisa dimanfaatkan. Pertama dagingnya bisa dijdaikan fillet ikan untuk sashimi. Terus kepalanya banyak pula digemari untuk dimasak bistik misalnya, bahkan kulitnya pun bisa diolah dijadikan kerupuk.

Sedangkan dari jeroannya dimanfaatkan untuk membuat tepung ikan bahan baku pembuatan pelet. Dan yang paling sering ialah dijadikan gulai ikan patin, sayur sup ikan patin, serta abon ikan patin. Makan ikan patin ini memiliki banyak sekali fans/ penggemarnya.

Khasiat Ikan Patin Untuk Pengaputan Tulang

Selain rasanya khas gurih sehingga membuat ikan patin ini memiliki penggemarnya, ternyata kandungannya pun banyak sekali. Kandungan yang ada dalam ikan patin yakni seperti vitamin dan mineral per 100gr ikan patin 23-28%, untuk lemak DHA sebanyak 2,74%, lamak EPA sebanyak 0.31%, lemak jenus 50%, lemak tak jenuh 8,43%, dan kandungan kolesterol sebanyak 21-39 miligram.

Tidak hanya itu saja yang membuat ikan patin ini banyak penggemar, namun ada beberapa kelebihannya yang menyebabkan ikan patin banyak penggemar di negri kita Indonesia. Berikut kelebihan Ikan Patin terutama Untuk pengapuran tulang :

  • Menyehatkan Tulang

Khasiat kalsium dan fosfor dari tulang-tulang ikan patin tergolong sangatlah tinggi. Dengan kedua kandungan tersebut yang tinggi ini bisa berfungsi bagi tubuh anda sebagai penambah kalsium dan fosfor anda sehingga menjadikan tulang menjadi sehat, dan kuat. Tapi khasiat lainnya juga ada seperti :

  • Mencajaga Kesehatan Jantung

Anda mungkin sudah tahu bahwa penyakit jantung itu merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan nomor satu di dunia. Tapi tenang, dengan anda mengkonsumsi ikan patin, Anda sedikit demi sedikit akan terhindar kembuhnya atau terjadinya penyakit jantung, semua ini berkat zat tak lemak jenuh yang dikandung oleh ikan patin tidak akan menghambat pada pembuluh darah.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Darah manusia harus lancar peredarannya karena dalah sangat berfungsi dalam menjaga kesehatan manusia. Gangguan pada peredaran darah akan menimbulkan penyakit lain. Saluran darah atau yang lebih dikenal sebagai pembuluh darah pada awalnya hanya berbentuk terowongan yang rentan yang mengalami kalsifikasi (pengapuran pada dindingnya) disebabkan karena lemak dan zat bahaya lainnya.

  • Menormalkan Pertumbuhan Janin

Khasiat yang satu ini khusus buat kaum hawa (ibu-ibu) ya.. Bila anda sedang hamil, ikan patin bisa ditambahkan sebagai menu makanan andalan anda dirumah. Karena dalam ikan patin ini memiliki kandungan berupa DHA dan Asam lemak omega 3. Yang berperan menjaga kesehatan janin anda serta membuat janin tumbuh dengan normal.

  • Mencerdaskan Otak

Khasiat ikan yang selanjutnya ialah bekerja sebagai melancarkan performa otak. Ikan patin mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang bahkan setara dengan ikan salmon yang mahal. Jadi bagi anda yang sedang on budget, salmon bisa digantin dengan ika patin.

Bagaimana guys, setelah membaca ulasan artikel kami diatas apakah anda berminat untuk mengkonsumsi ikan patin ini?? Itulah mungkin sedikit pembahasan tentang khasiat ikan patin untuk pengapuran tulang. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat menjadi wawasan serta nafsu makan anda. Terimakasih 🙂

Sumber : Obat Herbal Pengapuran Tulang 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *